Desa Long Tuyuk

Lokasi: Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Kutai Barat, Kecamatan Long Pahangai
Kategori: Desa Wisata, Wisata Alam

Suku Dayak yang berdomisili yaitu: Umaq Suling, Huang Long Gelaat, Umaq Murut, Huang Kayan dan Umaq Pala. Desa Long Tuyuk yang didiami oleh kelompok Dayak Bahau ini terkenal dengan budayanya seperti Lamin Mesaat. Seni budaya masyarakat setempat yaitu Upacara Adat Dangai, Upacara Adat Menyambut Tamu, dan lain lain.

Long Pahangai dan Long Tuyuk merupakan bagian dari kawasan pedalaman tepi Sungai Mahakam yang terkenal dengan misteri alamnya. Lokasi ini dikelilingi dengan jeram-jeram dengan arus yang deras.,seperti Udang Napo Hulu, Neohida, dan lain-lain.

long_pahangai-jeram.jpg
Jeram di Sekitar Long Pahangai

Untuk menuju daerah ini dapat ditempuh dengan jalur udara menggunakan pesawat dari Samarinda menuju Datah Dawai, atau jalur sungai menggunakan perahu milik masyarakat (long boat) yang disewakan.

Sumber:

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. (2012) Indonesia: Kalimantan Timur (Sekilas Kalimantan Timur/Guide Book). Samarinda: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur.
  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Barat. Kutai Barat Dalam Pelangi Budaya dan Anugerah Wisata Alam: Tanaa Purai Ngeriman. Barong Tongkok.

Komentar

Leave a Reply



(Your email will not be publicly displayed.)



Posted by:

Share: