Desa Wisata Budaya Pampang

Lokasi: Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda, Kecamatan Samarinda Utara, Kelurahan Sungai Siring
Kategori: Desa Wisata

Merupakan satu-satunya obyek wisata budaya di Kota Samarinda, berupa kampung yang terbentuk akibat perpindahan Suku Dayak Kenyah dari Desa Long Liis Apokayan Kabupaten Bulungan melalui Muara Wahau, Long Segar, Tabang, Long Iram di Kabupaten Kutai pada tahun 1967. Eksodus dalam kelompok (berjumlah lebih kurang 35 KK) bergerak dari utara menuju selatan hingga pada tahun 1973 mereka mulai merintis kehidupan di lokasi Pampang.

Merupakan alternatif bagi wisatawan dengan waktu terbatas yang ingin melihat kehidupan budaya suku pedalaman khususnya Dayak Kenyah, karena lokasinya yang strategis.

Terdapat rumah adat lamin sebagai pusat kegiatan masyarakat, dengan hiasan ornamen khas Dayak Kenyah. Bagi pengunjung yang berminat dapat masuk ke bagian dalam lamin dengan didampingi masyarakat lokal.

L-lamin.JPG
Lamin Adat Pemung Tawai

Terdapat pementasan tari (atraksi kesenian) setiap hari minggu pukul 14.00 – 15.00 wita, seperti: kancet punan letto, kancet lasan (gong), hudoq, manyam tali, kancet nyelama sakai, pemung tawai, tari burung enggang, tari leleng, pangpanga. Terdapat penyelenggaraan Upacara Adat Pelas Tahun setiap bulan Juni, sebagai ungkapan rasa syukur atas anugerah berupa panen dari hasil pertanian masyarakat setempat.

L-penari_1.jpg L-penari_2.jpg
Pementasan Tari

L-upacara_pelas_tahun_1.jpg L-upacara_pelas_tahun_2.JPG
Upacara Adat Pelas Tahun

Terdapat beragam souvenir yang dijual di kawasan ini, yang merupakan hasil karya kerajinan tangan masyarakat setempat. Souvernir khas daerah ini adalah kerajinan cucuk manik, anyaman dan ukir kayu dengan produk andalannya adalah mandau. Perkembangan saat ini terdapat variasi souvenir yang sangat beragam.

L-souvenir.JPG L-souvenir_galeri.JPG
Galeri Souvenir

Terdapat tempat parkir yang luas bahkan dapat menampung bus-bus besar. Terdapat toilet yang memadai dengan bangunan permanen dan sumber air bersih. Terdapat pula stan-stan penjualan souvenir, warung makan, toko kelontong, dan beberapa galeri yang dimiliki masyarakat setempat.

Desa Wisata Budaya Pampang berada di Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, ± 25 km dari pusat Kota Samarinda, dapat dicapai dengan kendaraan umum trayek Pasar Segiri - Sungai Siring.

Sumber:

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. (2012) Indonesia: Kalimantan Timur (Sekilas Kalimantan Timur/Guide Book). Samarinda: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur.
  • Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Samarinda. Freemap Samarinda Tourism Information. Samarinda.
  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. Indonesia: Kalimantan Timur (Paket Tour Wisata Nusantara – Ayo Tamasya Jelajahi Nusantara). Samarinda.
  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. Indonesia: Kalimantan Timur (Let’s Visit to East Kalimantan). Samarinda.

Komentar

Leave a Reply



(Your email will not be publicly displayed.)



Posted by:

Share: